You need to enable javaScript to run this app.

e-Raport SIPENA (System Informasi Penilaian Attaqwa)

  • Minggu, 12 April 2020
  • Administrator
  • 0 komentar
e-Raport SIPENA (System Informasi Penilaian Attaqwa)

Rapor merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi antara Pesantren dengan orang tua santri. Dokumen ini juga menghubungkan Pesantren dengan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar santri pada kurun waktu tertentu. Karena itu, rapor harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh), dalam memberikan gambaran tentang hasil belajar santri.

Rapor berasal dari kata dasar report yang berarti laporan. Rapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Materi yang  dilaporkan dalam hal ini adalah hasil ulangan harian, tugas harian, ujian tengah  semester, ujian akhir semester, kepribadian, ekstrakulikuler beserta data yang  diperlukan yang berkaitan dengan rapor.

Rapor setiap semester adalah sesuatu yang dinantikan oleh setiap santri di Pesantren. Bagi Pesantren, proses menghasilkan rapor adalah agenda besar dan rutin di setiap semester. Proses penginputan nilai, perhitungan nilai, hingga penggabungan nilai dari berbagai ustadz/ ustadzah mata pelajaran menjadi proses yang harus presisi dan terkadang memakan waktu.

Diawali semester ganjil kemaren Pondok Pesantren Attaqwa Muhammadiyah Miri memberlakukan E-Rapor untuk mapel kepondokan yang di beri nama SIPENA (System Informasi Penilaian Attaqwa). E-Rapor adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web yang di harapkan dapat mengubah pola kerja ustadz/ ustadzah dari pola manual ke pola digital.

E-Rapor dapat mempermudah ustadz/ ustadzah dalam melakukan penilaian santri, bahkan sampai ke pencetakan rapor dan evaluasi nilai hasil belajar santri. E-Rapor juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk dunia pendidikan dan memberikan efek positif terhadap dunia pendidikan untuk lebih berkembang dan maju di era digital ini.

Sistem E-Rapor dikembangkan menggunakan platform webbased dengan pertimbangan agar konten yang disajikan dapat dengan mudah diakses oleh para ustadz/ ustadzah. Pemakai sistem ini meliputi administrator sistem, ustadz/ ustadzah, dan walikelas dan wali santri. Administrator bertanggung jawab untuk menggelola sistem secara penuh, serta melakukan manipulasi (tambah, ubah, dan hapus) data di dalam sistem. Sedangkan user/ ustadz/ ustadzah, bertugas mengisi nilai pengetahuan, keterampilan dan deskripsi sikap, baik Ulangan Harian, UTS, maupun UAS.

Melalui E-Rapor diharapkan orangtua dan santri nantinya dapat melihat hasil belajar hanya dengan mengakses halaman tertentu yang diinformasikan pihak Pesantren. Dengan demikian laporan hasil belajar tidak hanya dalam bentuk hardcopy atau rapor konvensional akan tetapi juga berupa digital.

http://pesantrenattaqwasragen.or.id/rapotonline

Bagikan artikel ini:
Drs. H. Suyatman

- Mudir Pesantren -

“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:"Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan:"Berdirilah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Berikan saran untuk berkembangnya Pondok Pesantren At Taqwa Muhammadiyah Miri

Hasil
Sistem Informasi Pesantren