You need to enable javaScript to run this app.

TEROBOSAN ABSENSI SANTRI DI ERA DIGITAL

  • Senin, 13 April 2020
  • Administrator
  • 0 komentar
TEROBOSAN ABSENSI SANTRI DI ERA DIGITAL

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat kini telah mempengaruhi segala bidang, termasuk dibidang pendidikan, karena hal itu Pesantren diharuskan dapat mengikuti segala perkembangan teknologi baik dibagian teknis pembelajaran maupun non-teknis pembelajaran.

Banyak masalah yang terjadi dilingkungan Pesantren yang sebenarnya dapat diatasi oleh teknologi yang berkembang, karena itu Pesantren seharusnya mampu mengatasi masalah-masalah tersebut agar dapat melaksanakan program pendidikan yang maksimal, efisien dan efektif.

Salah satu masalah yang kerap terjadi di lingkungan pendidikan setingkat Pesantren menengah adalah masalah kehadiran santri, selain masalah internal sepertiarus data yang diproses setiap harinya cukup banyak, adapula masalah-masalah yang sebabkan factor eksternal seperti apsen hardcopy hilang atau rusak, halini harus segera diatasi karena sangat mengganggu proses pembelajaran di Pesantren.

Pondok Pesantren Attaqwa Muhammadiyah Miri (pendidikan formal SMP dan SMK) yang juga mengalami berbagai kendala dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan dari sisi absensi santri, dikarenakan proses absensinya yang masih berjalan manual.

Absensi digital yang di kembangkan di Pondok Pesantren Attaqwa Muhammadiyah Miri (pendidikan formal SMP dan SMK) adalan absensi digital berbasis web, dimana didalamnya ada 3 user akses admin, guru piket, walikelas. Dari ke-3 user tersebut mempunyai peran tersendiri disini admin bertugas menginput semua data santri, data guru piket dan data wali kelas guru piket bertugas mengabsen santri setiapharinya sedangkan wali kelas bertugas merekap absensi untuk administrasi Pesantren.

Sistem Informasi Absensi Santri Berbasis Web pada Pondok Pesantren Attaqwa Muhammadiyah Miri (pendidikan formal SMP dan SMK)  akan menjadi salah satusolusi dalam penyelanggaraan Absensi Santri, mampu menekan biaya operasional dan dapat meningkatkan kecepatan pembuatan laporan.

http://absen.smkattaqwamuri.sch.id/

Bagikan artikel ini:
Drs. H. Suyatman

- Mudir Pesantren -

“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:"Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan:"Berdirilah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Berikan saran untuk berkembangnya Pondok Pesantren At Taqwa Muhammadiyah Miri

Hasil
Sistem Informasi Pesantren